Langsung ke konten utama

(Beneran) Semalam di Malaysia

foto by : gue

Ini cerita tentang liburan gue dan temen-temen gue yang failed di Malaysia. Meski cuma semalam, cukup berkesan kok. Tapi tetep ya dengan segala kerempongannya. Ya, setidaknya gue pernah menginjakkan kaki walaupun cuma secuil di Negeri Jiran ini.

Ekspektasi : berangkat menuju KL dari Singapura (SG) pukul 1 siang. Waktu tempuh SG-KL tepatnya Bukit Bintang sekitar 6 jam. Sampe KL jam 7an malam langsung ke hotel rapih-rapih dan istirahat bentar. Jam 8 malam mau ke Petronas buat foto-foto. Paginya mau ke Batu Caves, Sri Mahamariamman Temple, Pasar Seni dan cuss ke bandara untuk balik ke Jakarta penerbangan pukul 15.30 WIB.

Kenyataan : Bis gue delay parah, dioper-oper pas di terminal, ujan deres, dan akhirnya kelelahan. Alhasil paginya gue dan temen-temen gue cuma ke Pasar Seni aja.

Semua berawal ketika gue dan Kiki, Novi, Mbak Gita, dan Mbak Nia janjian ngumpul di McD City Square jam setengah 12 siang. Bis yang membawa kami dari SG ke KL dijadwalkan akan berangkat pukul 1.

Setelah nunggu setengah jam, Mbak Gita belum juga menunjukkan batang hidungnya (jadul bet bahasa gue). Karena takut ketinggalan bis, akhirnya kita mutusin untuk nunggu Mbak Gita di Serangon Road Little India, yang mana itu merupakan meeting point penjemputan bis yang bakal membawa kami dari SG ke KL. Harga tiket bisnya adalah 18 SGD atau sekitar Rp165 ribuan dengan menggunakan armada yang bernama StarQistna Express.

Awalnya, gue pikir dari stasiun MRT Farer Park yang berada dalam Mall City Square ke Little India itu bisa ditempuh dengan jalan kaki. Akhirnya yaudah deh tuh kita jalan kaki. Tapi ternyata jauh dong. Ngos-ngosan, lari plus bonus nenteng ransel yang beratnya kaya dosa, buat ngejar biar ga ketinggalan bis. Di sisi lain kita juga khawatir gak bisa ketemu mbak gita di sana. Karena kata Mbak Nia jadwal bis selanjutnya yang menuju KL itu malem dan sampe KL bisa pagi.

nyasar-nyasar nyari meeting point

Setelah nanya dan nyasar sana-sini, akhirnya kami nemulah Serangon Road tersebut jam 1 kurang 15 menit. Gue dan Mbak Nia lanjut check in dengan petugasnya yang standby di sana. Disinilah drama dimulai. Ketika mau check in, tiba-tiba si petugasnya yang orang India ini bilang kalo bisnya gak bakalan datang hari ini dan gak tau kapan. Matik gak tuh? Terus gue dan Mbak Nia gak terima dong. Secara kita udah bayar. Katanya udah dikasi tau via email, lha gimana mau buka email, paket internetnya kan gak ada. Ketika kita minjem komputernya buat ngecek email, eh dianya malah gak mau ngasih. Sompretkan?

Gue dan Mbak Nia makin kesel aja ketika si petugas ini ngomongnya galak banget gak nyante. Akhirnya karena kita yang waras kami memilih untuk mengalah dan memutuskan untuk minggir dulu sambil mikirin langkah apa yang bakal diambil. Kemungkinan terburuknya adalah naik bis yang malam, tapi gak tau juga kapan itu bis bakalan ada karena apapun yang terjadi kita harus tetap ke KL. Soalnya kami udah terlanjur mesen tiket balik KLIA-CGK besok jam 15.30 sore.

Setelah berdiskusi, kami memutuskan untuk naik bis yang malam. Mbak Nia pun masuk lagi ke dalem dan nanya ke si petugas yang menyebalkan itu. Tapi ketika lagi ngobrol, si petugas itu tiba-tiba dapat telpon ntah dari siapa dan bilang kalo bisnya bakal ada jam 3. Puja puji dewa di bumi, kami gak jadi terlunta-lunta di sini sampe malem.

Satu masalah selesai. Tapi masalah kedua yaitu dimana keberadaan Mbak Gita belum terselesaikan. Gak mungkin kita bakal pergi aja dan ninggalin dia. Kitapun memutuskan untuk berkeliling, nyari makan sekaligus wifi biar bisa whatsappan supaya tau dimana keberadaan Mbak Gita. Setelah keliling sana sini, ternyata susah banget nyari restoran yang ada wifi nya di Little India. Karena gak tega melihat Novi nenteng keril yang supergede dan berat, akhirnya kita memutuskan untuk ngaso di depan warung sambil minum Milo.

duduk di trotoar, muka lelah, lecek karena di PHP-in bis. Tapi Milo mengobati semuanya <3

Jam di handphone gue baru menunjukkan pukul 2, itu artinya masih sejam lagi sebelum bis datang. Kitapun balik lagi ke meeting point itu dan you know what happens? Akhirnya Mbak Gita sudah duduk manis nungguin kita di sana!! Kitapun lega karena gak harus kepisah berangkatnya.

Tapi di sana Mbak Gita gak sendiri. Dia bersama pasangan suami istri yang ternyata dari Bandung dan juga mau pulang ke Bandung via KL. Dan mereka sama-sama abis nonton Coldplay juga. Jadilah kita semua menunggu kedatangan bis tersebut. Usut punya usut, ternyata bis tersebut punya review yang sangat buruk di situsnya. Banyak yang menyarankan kalau sebaiknya jangan naik bis tersebut apapun yang terjadi. Tapi ya gimana, kita udah kadung mesen. Bahkan, ngerinya ada yang nulis " Dont take this bus Qistna express even there is no more bus available" mungkin ini curahan emosi karena saking KZLnya dia dengan buruknya pelayanan bis ini.

Setelah menunggu dan menggembel di trotoar (haha drama banget ya) akhirnya bis yang ditunggu-tunggu tersebut datang menjemput kami semua. Masuk ke dalam bis, sebenarnya bisnya sangat nyaman. Bisnya besar, ada bagasi, AC dan bisa meluruskan kaki biar gak pegel. Cuma satu sih yang kurang, tidak lain tidak bukan adalah wifi.. (emang dasar fakir wifi).

Karena udah amat sangat kelelahan, ditambah hujan yang mengguyur sepanjang perjalanan, jadilah gue tidur sepanjang perjalanan sampai imigrasi Malaysia. Muka udah gak bangetlah pokoknya. Kerudung gue udah mencong kiri mencong kanan.

hujan mewarnai perjalanan kami,...

Setelah urusan perpasoran selesai, gue dan temen-temen gue balik lagi ke dalam bis. Sampai di terminal di KL bisnya tiba-tiba berhenti, dan si supir gak ada. "Oh, ke toilet mungkin" pikir gue. Gue lupa nama terminalnya apa secara bangun-bangun gue udah di sana. Karena perut udah keroncongan lagi, alhasil gue, Mbak Gita dan Teteh yg dari Bandung (gue lupa namanya) ngajakin beli McD. (Tetep yaaa).

Baru banget balik dari McD dan naik bis, tiba-tiba kita semua diminta turun sama si sopirnya. Gue gak paham alasannya karena waktu mereka ngomong gue lagi beli makan sama temen gue. Buru-burulah kita turun dari bis. Si supir itu ngasi tiket dan kami dioper ke bis lain untuk menuju Bukit Bintang. Dan setelah tanya sana tanya sini, ternyata bisnya baru datang jam setengah 7an. Waktu itu baru jam 6, alhasil kami semua nunggu lagi dong kaya anak ilang di terminal..

Akhirnya bis yang ditunggu datang juga. Kita semua naik, Mbak Nia sama Novi beli nasi plus lauk gitu sebelum berangkat. Pas gue liat nasinya segede porsi kuli. Terus gue jadi kepengen dong. Daripada nnt kelaperan karena perjalanan masih jauh. Akhirnya gue makan berdua sama Mbak Gita. Nasi lauk dan sayur seharga 10 ringgit atau Rp30 ribu kalo ndak salah. Yah beti lah sama jakarta, dan betterlah daripada di SG.

Masih diiringi hujan yang superderes, akhirnya kami semua tidur dong saking kekenyangannya. Perjalanan masih jauh yaitu sekitar 5jaman lagi. Akhirnya kaya lagunya Mbah Surip, bangun lagi tidur lagi bangun tidur lagi, sampai jualah kami di Bukit Bintang. Nyari taksi karena udah ga ada MRT jam 12 malem dan kami berpisah sama si Teteh dan Aa yang dari Bandung itu dan kami baru bener-bener sampe hostel jam 1an malem dong!!
naik taksi menuju hotel

Sampe hostel kami semua tepar. Sebelum tidur, kami mendiskusikan kemana tujuan kita besok selama di Bukit Bintang. Karena waktu yang sedemikian mepet, alhasil kami memutuskan cuma ke Pasar Seni aja buat beli oleh-oleh. Batu Caves sama Sri Mahamariamman Templenya dipending karena waktunya ga cukup.

Tidur sekejap, jam 6 kami semua udah harus bangun buat check out jam 7 pagi. Dan masih gerimis dong ternyata dengan intensitas yang lumanyun. Karena kami sampe hostel kemarin udah malam banget, paginya kami gak ngeh kalo kawasan tempat gue dan temen2 nginep itu restricted area juga kaya di Kallang, SG. Hahahha. Dan, pagi-pagi masih banyak loh yang "jualan". Malah, pas kita jalan tiba-tiba ada mobil sedan yg nyamperin kita gitu. Idih, dikira kita jualan apa??

Sebelum ketemuan dengan Kiki di KL Sentral, kami semua makan dulu di sebuah rumah makan milik orang India gitu. Menunya Nasi Lemak yang sebenarnya kayak nasi uduk gitu kalo di Jakarta. Tapi porsinya geday bangey kayak kuli. Benar ya, bahagia itu memang sederhana. Selain bahagia bertemu nasi, kami semua juga bahagia karena tempat makan ini dilengkapi wifi yang super kenceng. Pelayannya juga ramah banget begitu tau kami dari Jakarta.

tempat makannya biasa aja sih, cuma ena' kok

Setelah sarapan yang super duper kenyang, akhirnya kami semua naik MRT menuju KL Sentral. Kata Mbak Nia, si Kiki udah dapat bis yang malam dari SG kesini. Lucunya, di sini masih menggunakan koin yang terbuat dari plastik gitu sebagai pengganti kartu untuk naik MRT (selain e-money). Sampai di KL Sentral, kami semua naik LRT ke stasiun Pasar Seni. Sebelumnya, gue sama Novi nitipin ransel dan keril kita dulu ke loker penyimpanan biar gak berat kalau jalan-jalan. Lokasinya ada di lantai 2 gitu kali gak salah. Sewa loker ini untuk ukuran yang kecil sekitar 10 ringgit.

Sampai di Pasar Seni, kita semua kepagian sih sebenarnya. Baru 70 persen toko-tokonya yang buka. Pasar Seni ini adalah sebuah tempat yang menjual berbagai macam kerajinan, aksesoris, makanan, pakaian, pecah belah, dan oleh-oleh khas Malaysia dan semuanya LUCUK. Konon katanya pasar ini merupakan pasar seni tertua di Malaysia dibangun tahun 1888. Pasar Seni KL ini juga dikenal sebagai Central Market.

menuju pasar seni

Pasar Seni ini terbagi atas 2 bagian, ada yang indoor ada yang outdoor. Arsitekturnya sih biasa aja, khas pasar seni tradisional gitu tapi sangat nyaman dan bersih. Gue dan temen-temen gue kalap banget belanja oleh-oleh di sini. Recommanded banget buat kamu yang suka belanja barang-barang yang lucu-lucu.

Puas berbelanja, jam 12 teng kami harus siap-siap untuk ke Bandara. Gue, Mbak Nia dan Novi pulang hari itu juga (2 maret). Mbak Gita besokannya (3 maret), sementara Kiki extend di KL sampai tanggal 5 maret. Jadilah kami berpisah di sini, dengan penuh haru hahaha.

ucul ngetskan...

Lukisan kucing yang gak kalah ucul

Toko yang menjual pernak pernik

Dan akhirnya petualangan kami semua harus berakhir di sini. Pengalaman bareng-bareng selama 2 hari berpetualang di Singapura dan semalam di Malaysia bakal jadi kenangan tersendiri yang tersimpan di penggar otak kami semua. Kapan-kapan kami harus menjadwalkan liburan bareng lagi pokoknya!

ini kami semua, minus kiki yang motoin

Postingan populer dari blog ini

Kenapa Cewek Suka Lama Kalo Dandan?

Kaum pria di luar sana sudah semestinya paham mengapa setiap mau pergi entah itu pacaran atau hang out, wanita suka lama kalo dandan. Ada sekelumit 'ritual' yang harus dilalui oleh kaum wanita demi mendapatkan penampilan yang epik di mata dunia (kamu). Dan percayalah, itu gak mudah :') Kecuali kamu perempuan tomboy yang gak pernah berurusan dengan lipen, baju, gaya hijab, hingga alis, mungkin gak bakal mengalami hal-hal di bawah ini. Spesifically , gue yang wanita yang sangat menjunjung tinggi 5K (Kebersihan, Kerapian, Keindahan, Ketertiban dan Keamanan (?) , gue butuh waktu dua kali lebih lama untuk berdandan dibanding wanita normal pada umumnya. Kenapa? Mari gue jabarkan satu persatu ya saudara-saudara. Mandi Ritual umum yang dilakukan pertama kali adalah mandi seperti biasa. Mong omong, mandi versi gue itu terdiri atas 2 bagian : keramas dan gak. Kalo gue mau ketemuan sama gebetan biasanya gue keramas dulu lengkap dengan kondisyenernya biar ala-ala. Tapi kalo

Hal-Hal yang (Mungkin) Cuma Dialami Oleh Cewek Berwajah Jutek

Dianggap galak, judes, sombong, bahkan bengis... #wesbiyasa Punya muka berparas jutek dari lahir memang serba gak enak. Dibilang sombong, gak ramah, bahkan bengis. Gak jarang, muka yang jutek atau galak juga sering dijadikan sumber permasalahan mengapa gue masih menjomblo sampai sekarang. Padahal mah gak ada hubungannya juga dan emang belom ada aja yang pas di hati gue. Gak nyari juga sih, karena bukan itu prioritas hidup gue saat ini. *Apa salah Hayatiiii... Sempat terbersit pengen nyalahin bokap nyokap gue kenapa 'menciptakan' gue cetakannya begini. Tapi urung gue lakukan takut di cap anak durhaka :|. Mending kalo dikutuk jadi Chelsea Islan atau jadian sama Chris Martin gitu. Tapi kalo dikutuk jadi batu kaya Malin Kundang gimana? Kalau udah begini yaudah la ya, disyukuri saja setiap inchi apa yang sudah diberikan oleh Gusti Allah. Gitu aja kok repot, kata alm Gus Dur.  Selain dianggap galak, bengis dan sombong, berikut hal-hal apalagi yang sering dialami oleh perempuan be

Mou leípeis

..... Matamu apa kabar?  Masih teduh?  Sejujurnya aku rindu tatapan itu.  Tenang, dan dalam. Seperempat abad usiaku, belum pernah aku melihat mata setenang itu.  Punggungmu bagaimana? Masih sehangat dulu?  Aku pernah terlelap di sana.  Nyaman. Jakarta, 20 April 2017